Minggu, 12 Oktober 2008


Jun 14, '07 5:27 AM
for everyone

Sekilas Galileo Galilei (15 Februari 1564 - 8 Januari 1642)

Galileo Galilei dilahirkan di Pisa, Tuscany Italia. anak pertama dari Vincenzo Galilei, seorang matematikawan dan musisi asal Florence, dan Giulia Ammannati.

Galileo Galilei Adalah seorang astronom, filsuf, dan fisikawan Italia yang memiliki peran besar dalam revolusi ilmiah.

Penemuan Galileo yang paling masyhur adalah di bidang astronomi. Teori perbintangan di awal tahun 1600-an berada dalam situasi yang tak menentu. Terjadi selisih pendapat antara penganut teori Copernicus yang matahari-sentris dan penganut teori yang lebih lama, yang bumi-sentris.

Ilmuwan Galileo setelah melakukan riset, akhirnya berhasil menyempurnakan teropong bintangnya. Dengan menggunakan teropong tersebut, Galileo berhasil mengamati pergerakan benda-benda luar langit. dan berpendapat bahwa bumi itu bulat, bukan datar seperti yang dipahami gereja pada waktu itu.

Karya-karyanya antara lain adalah penyempurnaan teleskop, berbagai observasi astronomi, dan hukum gerak pertama dan kedua. Selain itu, Galileo juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus.

Pada 19 Januari 1616, Galileo membuat dua statemen:

(1) Matahari adalah pusat galaksi dan

(2) Bumi bukanlah pusat tata surya.

Pendapat Galileo dan dukungannya terhadap teori Copernicus menyebabkan dia berhadapan dengan kalangan gereja yang menentangnya habis-habisan karena dia telah menghina keyakinan yang sudah berkembang ketika itu seputar wahyu ilahi di dalam Injil yang mengatakan bahwa bumi datar dan bumi adalah pusat tata surya

Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hegemoni kekuasaan Gereja yang mempunyai doktrin Infallibility (tidak pernah salah) karena merupakan wakil Kristus di muka bumi. Sampai abad ke-17, Gereja masih tetap berusaha mempertahankan posisi hegemoninya, sehingga berbagai hal yang dapat menggoyahkan otoritas dan legitimasi Gereja, dianggap sebagai “heresy” (kafir) dan dihadapkan ke Mahkamah Inquisisi.

Pertentangan gereja ini mencapai puncaknya di tahun 1616, sehingga pada 24 Februari 1616, sekelompok pakar teologi yang dibentuk oleh Tahta Suci Vatikan (Holy Office) menyatakan, bahwa teori Galileo itu bertentangan dengan Bible. Maka, Paus Paul V, meminta Kardinal Bellarmine untuk memperingatkan Galileo dan melarangnya mendukung maupun mengajarkan teori Copernicus.

Perkembangan selanjutnya adalah masyarakat Eropa mulai tersadar, bahwa selama ini mereka dibohongi oleh gereja dengan segala bentuk teori dan pahamnya tersebut. Sehingga mengakibatkan sentimen dan anti gereja meluas dikalangan masarakat Eropa.

Tahun 1632 Gereja Katolik menjatuhkan vonis bahwa Galileo harus ditahan di Siena, dilanjutkan dengan ancaman hukuman mati pada tahun 1633 oleh Mahkamah Inkuisisi (Inquisisi), yaitu Dewan Peradilan Gereja Katolik Roma yang berwenang menghukum para pembangkang dengan hukuman mati, dirajam atau dibakar.

Galileo diajukan ke pengadilan gereja Italia pada 22 Juni 1633. Selanjutnya pada Disember 1633, Galileo dipindahkan ke Arcetri

Di depan Mahkamah Inkuisisi, Galileo keyakinannya tidak goyah hanya pura-pura 'bertobat; dan berjanji tidak akan menyebarkan lagi teori heliosentrisnya itu. Di depan Mahkamah Gereja itu, Galileo menyatakan akan menghapus semua opini yang salah, bahwa matahari adalah pusat dari jagad raya dan tidak bergerak, dan bahwa bumi bukanlah pusat jagad raya dan bergerak. Ia berjanji tidak akan mempertahankan atau mengajarkan doktrin yang salah tersebut, dalam bentuk apa pun, secara verbal atau melalui tulisan.

Pada akhir pernyataan itu ditambahkannya dengan suara berbisik, "Bagaimanapun ia toh tetap bergerak juga." Yang ia maksudkan dengan ia ialah bumi tempatnya berpijak.

Galileo akhirnya tidak dijebloskan ke dalam penjara tetapi sekedar kena tahanan rumah di Arcetri. Pada tanggal 8 Januari 1642, Galileo wafat di Arcetri saat ditemani oleh Vincenzo Viviani, salah seorang muridnya

Sikap gereja yang kaku itu telah menimbulkan tuduhan bahwa agama menjadi penghalang bagi kemerdekaan berpikir dan kemajuan ilmu, sehingga munculah ide dan pendapat perlunya pemisahan Agama dan Ilmu pengetahuan akibat traumanya masyarakat barat dengan otoritas gereja pada saat itu hingga berlanjut sampai saat ini.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika adanya korelasi yang sejalan antara kitab suci dengan Ilmu pengetahuan.

Generasi berikutnya amat beralasan mengagumi Galileo sebagai lambang pemberontakan terhadap dogma dan kekuasaan otoriter yang mencoba membelenggu kemerdekaan berfikir. Arti pentingnya yang lebih menonjol lagi adalah peranan yang dimainkannya dalam hal meletakkan dasar-dasar metode ilmu pengetahuan modern

Akhirnya pada tahun 1992, yaitu setelah 359 tahun kecaman kepada Galileo dilontarkan oleh pihak gereja, maka gereja Katolik Roma secara resmi mengakui telah melakukan kesalahan terhadap Galileo Gelilei dan Paus Yohanes Paulus II sendiri telah merehabilitasinya.
Rehabilitasi diberikan setelah Paus Paulus menerima hasil studi komisi Akademis Ilmu Pengetahuan Kepausan yang dia bentuk 13 tahun sebelumnya dengan tugas menyelidiki kasus itu. Komisi ini memberitahukan, anggota Inkuisisi yang mengecam Galileo telah berbuat kesalahan. Mereka menetapkan keputusan secara subjektif dan membebankan banyak perasaan sakit pada ilmuwan yang kini dipandang sebagai bapak Fisika Eksperimental itu.

http://id.wikipedia.org

sumber lain....

Tidak ada komentar: